Rabu, 17 September 2014

Perpustakaan Pusat


UMM memiliki empat perpustakaan besar dengan ukuran total 5.586,72 M2. Perpustakaan Pusat terletak di Kampus III. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai dengan ukuran 4,690 M2.
Perpustakaan Masjid AR Fachruddin terletak di Masjid AR Fachruddin Kampus (Kampus III) dengan ukuran 134,32 M2.Perpustakaan Kampus II terletak di Kampus II (Jl. Bendungan Sutami 188) dengan ukuran 750 M2. Perpustakaan Pascasarjana terletak di Kampus I (Jl. Bandung No 1) dengan ukuran 120,4 M2. Selain itu, terdapat perpustakaan fakultas, masing-masing ukuran 64 M2. Perpustakaan Pusat UMM telah dikelola dengan sistem digital library (digilib) yang terkoneksi dengan beberapa perpustakaan, baik perustakaan di dalam maupun luar negeri. Untuk Wilayah Jawa Timur baru ada dua perpustakaan yang sudah mengembangkan digital library, salah satu diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Perpustakaan Pusat memiliki koleksi yang terdiri atas buku, koleksi majalah dan jurnal koran, CD installer, CD e-book, dan kaset.

Library Automatic Service (LASer) Sistem Aplikasi Otomasi perpustakaan sebuah layanan yang digunakan dalam mempermudah proses pelayanan kepada para pengguna perpustakaan yang diakses melalui media internet digunakan untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna informasi dalam menelusuri keberadaan bahan pustaka/informasi yang dimiliki oleh perpustakaan UMM dengan Online Public Acces Catalog (OPAG), kapan saja dan dari mana saja, peminjaman buku dengan dengan sitem On-line dll.




Digilib Library perpustakaan maya yang terhubung dengan jaringan

Indonesia Digital Library Network (IDLN) yang saat ini telah bergabung 100 partner (ITB, IPB, UNAIR, LSM, Militer Badan Penelitian, DEPKES RI, Politeknik, Univ. Muhammdiyah dan lainnya) serta server digital library UMM menjadi sentral digital library perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, di mana perpustakaan yang menghubungkan sumber informasi , serta memberikan kesempatan untuk dapat diakses dari mana saja. Adapun layanan yang dikembangkan adalah On-line Order System yaitu system pengadaan koleksi secara On-line dan Media Teleconference. Perpustakaan UMM juga di lengkapi dengan sarana penunjang seperti Foto Copy, Scaning, CD-Writing, Wifi-hotspot, Conner (Muhhamadiyah & UMM Corner, American Corner, Tarmidzi Taher Corner, Djohan Effendi Corner, Jacob Oetama Corner, Entrepreunership Corner, dll) Layanan perpustakaan UMM juga terbuka untuk umum.
http://www.umm.ac.id/id/page/040201/perpustakaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar